Senin, 27 April 2015

Manfaat Internet Untuk Pembelajaran



Manfaat Internet Untuk Pembelajaran

Media Pembelajaran adalah bagian penting dalam sebuah sistem pembelajaran. Dengan adanya suatu media pembelajaran dapat mempermudah proses belajar mengajar sehingga proses belajar dapat berjalan dengan lancar dan efektif sebab media pembelajran menyediakan berbagai macam metode serta jenis-jenis media yang dibutuhkan pengguna.
Media Pembelajaran merupakan sarana untuk memperoleh informasi, informasi harus dicari dari sumber-sumber informasi. Yang merupakan Salah satu sumber informasi adalah internet. Internet merupakan pusat informasi yang baik untuk semua bidang. Semua aspek kehidupan baik yang berdampak positif maupun yang berdampak negative dapat dengan mudah diakses serta diperoleh dari internet. Dengan demikian dalam pemanfaatan internet kita harus memiliki filter keimanan dan moralitas yang baik untuk dapat menyeleksi semua informasi yang akan kita peroleh.
Perkembangan teknologi pada bidang informasai, berdampak sangat luas pada semua lini kehidupan, termasuk pada dunia pendidikan. Dengan adanya penemuan –penemuan teknologi  baru saat ini khususnya dalam bidang informasi sangat mendukung dalam memajukan kualitas kehidupan. Dalam rangkameningkatkan reformasi pendidikan, sarana hi-tech ini mulai banyak digunakan dalam mempercepat perkembangan di sektor pendidikan.
Adapun manfaat internet bagi  kepentingan pembelajaran adalah:
1.     Menambah wawasan, pengetahuan, pergaulan serta pengembangan karier
a.        Meningkatkan komunikasi dengan seluruh masyarakat lain
b.         Meningkatkan kepekaan terhadap permasalahan yang ada diseluruh belahan benua.
c.         Informasi beasiswa, lowongan pekerjaan, pelatihan dan banyak lagi informasi lainnya

2.     Pusat Informasi
a.    Akses informasi IPTEK
b.    Bahan ajar untuk semua bidang pelajaran
c.    Bahan Pustaka atau referensi
d.    Informasi media dan metodologi pembelajaran
3.    Pengembangan Profesional
a.    Berbagi sumber informasi antaralain rekan sejawat
b.    Berkomunikasi keseluruh belahan benua
c.    Berpatisipasi dalam forum dengan teman sejawat baik local maupun teinternasional
d.      Untuk belajar berinteraktif
e.    Untuk dapat meningkatkan pengetahuan
4.    Belajar sendiri secara cepat :
a.    Dapat meningkatkan pengetahuan
b.     Dapat mengembangkan kemampuan dibidang penelitian

Kelebihan internet sebagai media pembelajaran:
1.  Internet memberikan sambungan (konektivitas) dan jangkauan yang sangat luas sehingga akses data dan informasi tidak dibatasi waktu, tempat, dan negara.
2.  Akses infromasi di internet tidak dibatasi oleh waktu karena dunia maya yang dihadirkan secara global. kita dapat melakukan pencarian informasi melalui internet kapan saja selama 24 jam.
3.   Akses informasi melalui internet lebih cepat jika dibandingkan dengan mencari informasi pada halaman-halaman buku-buku yang ada di perpustakaan. tinggal mengklik icon tertentu, maka akan muncul di layar monitor komputer kita apa yang kita inginkan.
4.  Internet juga menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran interaktif seperti fasilitas elearning yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga tertentu yang dapat meningkatkan kemampuan intelektual, seperti sekolah menulis online, dll. Dengan menjadi anggota pada kegiatan tersebut dan mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh lembaga tersebut.
5.  Kita dapat berdiskusi dengan teman-teman sebaya mengenai berbagai hal jika kita memasuki mailing list atau melakukan chatting.
6.  Dibandingkan dengan membeli buku atau majalah asli, penelusuran informasi melalui internet jauh lebih murah. Apalagi pada saat ini banyak situs yang menyediakan jasa informasi secara cuma-cuma. tinggal mengunduh atau mencetak informasi yang di butuhkan.
Internet merupakan sumber belajar yang harus di manfaatkan oleh semua kalangan terutama guru dimana di dalam internet terdapat berbagai  informasi yang dapat di peroleh dan terupload setiap detiknya.
Pemanfaatan internet pada saat ini masih berada pada level perguruan tinggi, dan itupun belum merata. Sedangkan pada level SD sampai dengan SMU/SMK, pemanfaatan internet masih sangat rendah serta terbatas pada daerah yang perkotaan sudah memiliki jaringan/koneksi internet. Dalam dunia pendidikan, dihadapkan pada kendala bahwa metode pembelajaran yang diterapkan sudah tidak manpu memenuhi kebutuhan dunia pendidikan yang ada saat ini.
Miris, guru atau pengajar masih sedikit sekali menggunakan media internet sebagai media pembelajaran, kemungkinan penyebabnya ke kurang pahamnya guru menggoperasikan komputer, sehingga timbul rasa minder dalam diri seorang guru untuk mengajak siswanya belajar dengan menggunakan media internet ,pada kenyataannya mau ataupun tidak  kita tidak mungkin dapat terhindar dari teknologi komonikasi dan informasi yang semakin berkembang dari tahun ke tahun. Berbagai hal dapat dilakukan seorang guru agar mampu menyesuaikan diri dalam era pembelajaran yang semakin canggih ini, terutama menggunakan media pembelajaran internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar