Selasa, 28 April 2015

KEUNGGULAN AIR SUSU IBU (ASI) DENGAN SUSU FORMULA



KEUNGGULAN AIR SUSU IBU (ASI) DENGAN SUSU FORMULA

ASI adalah minuman wajib bagi setiap bayi baru lahir, Pemberian ASI pada bayi dapat memberikan manfaat yang sangat banyak dan beragam baik untuk ibu maupun bayi. Namun pada zaman yang serba maju ini, banyak orang tua yang belum sadar akan pentingnya pemberian ASI untuk anaknya dan lebih memilih menggunakan susu formul, Padahal manfaat ASI sangat banyak sekali, dilihat dari segi ekonomi, maupun segi kesehatan Ibu dan anak.
Susu sapi untuk manusia sedangkan susu manusia untuk Sapi, apakah demikian??? Tentu saja Tidak, apa kah anda rela anak yang anda kandung selama 40 minggu mendapatkan label anak sapi coba pikirkan.
Masyarakat pada umumnya mempunyai anggapan yang sangat salah, yaitu susu sapi lebih baik dibandingkan air susu ibu (ASI), Coba kita pikirkan setiap pabrik susu formula dengan segala macam daya upaya memperbaiki struktur gizi yang terkandung dalam susu formula, tujuannya tidak lain adalah untuk meningkatkan kualitas susu bubuknya supaya mirip dengan kualitas air susu ibu (ASI). Dengan demikian  ASI merupakan pilihan paling tepat bagi bayi.
WHO merekomendasikan bahwa ASI merupakan yang terbaik bagi bayi. Disebabkan  ASI dapat membantu bayi untuk bertahan melawan infeksi, mencegah alergi dan untuk melindungi bayi terhadap berbagaimacam penyakit kronis. Meskipun sebagian besar ibu mengetahuai bahwa ASI merupakan pilihan nutrisi terbia bagi bayi, tapi tidak semua ibu dapat dan ingin melakukannya. Bagi ibu-ibu yang tidak dapat menyusui atau memutuskan untuk tidak menyusui dan menggunakan susu formula sebagai alternatif merupakan keputusan yang sangat pribadiuntuk mereka.


Beragam manfaat dari Air Susu Ibu (ASI):
a.       Lebih ekonomis
Air susu ibu (ASI) tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu mengunsumsi makanan yang mencukupi gizi yang seimbang, tidak perlu takut  kekurangan dengan memberikan bayi ASI dapat menghemat pengeluaran tambahan tiap bulan untuk pembelian susu formula, anda tidak perlu repo-repot untuk membeli botol susu dan alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga bayi yang di berikan asi jarang sakit di bandingkan dengan bayi yang mengonsumsi susu formula sehingga dapat mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.
b.      Kesehatan untuk ibu dan anak
ü  ASI memberikan perlawanan terhadap infeksi, sebab antibodi yang diberikan ibu dapat membantu bayi melawan beberapa penyakit infeksi, seperti: diare, infeksi telinga, infeksi saluran pernafasan dan radang selaput.
ü  ASI baik untuk bayi yang lahir prematur untuk dapat berkontribusi dalam sistem kekebalan tubuh bayi.
ü  ASI mencegah kegemukan atau obesitas pada anak.
ü  Dengan Memberikan ASI membuat ibu agar percaya diri untuk mengurus anaknya,
ü  Dengan pemberian asi dapat membakar kalori dan membantu mengecilkan Rahim ibu.
ü  ASI mengandung nutrisi yang mudah dicerna oleh bayi yang baru lahir.
ü  ASI memiliki banyak vitamin serta  mineral yang dibutuhkan bayi baru lahir
ü  Dengan ASI ibu telah memperkenalkan budaya melalui makanan yang dimakan oleh ibu dan dirasakan oleh bayi dari ASI yang diberikan.
ü  Dengan ASI eksklusif  menurut beberapa studi dapat membuat anak memiliki IQ lebih tinggi daripada anak yang diberikan susu formula.
ü  Dari beberapa studi mengunkapkan bahwa menyusui dapat membantu ibu mengurangi resiko kanker payudara, tekanan darah tinggi, mengurangi resiko kanker rahim dan ovarium. Bahkan menurut studi National Institutes of Health Women’s Health Initiative, ibu yang menyusui selama 7-12 bulan setelah melahirkan memiliki resiko penyakit jantung yang lebih rendah.
Menyusui bukanlah hal yang mudah bagi ibu yang baru memiliki anak, oleh sebab itu diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayi, sehingga ibu didapatkan kondisi nyaman. Susu formula disiapkan sebagai pengganti ASI, diproduksi di bawah kondisi steril, susu formula berusaha untuk dapat menduplikasi atau bersaing dengan susu ibu
Beragam manfaat susu formula bagi ibu dan anak
1.      Nyaman dan Mudah
Semua orang dapat memberikan susu kepada bayi setiap saat tidak mesti ibunya bias ayah atau neneknya, Jika ibu berada di tempat umum, ibu tidak perlu mencari tempat khusus untuk dapat memberikan ASI-nya, ibu dengan mudah langsung memberikannya di tempat umum. Hanya bedanya  ibu perlu membawa perlengkapan untuk membuat susu.
2.      Waktu dan frekuensi menyusui
Disebabkan karna susu formula tidak dapat dicerna dengan baik oleh bayi dibandingkan Air Susu Ibu (ASI), maka susu formula sebaiknya diberikan lebih sering daripada bayi yang menggunakan Air Susu Ibu (ASI).
3.      Diet
Ibu yang memberikan susu formula kepada  bayinya tidak perlu memikirkan hal-hal yang mereka makan atau minum, karena hal yang dimakan dan diminum tidak akan akan mempengaruhi bayi mereka.
Perbandingan Antara Air Susu Ibu (ASI) dengan  Susu Formula :
a.       Komposisi ASI dapat berubah setiap waktu sesuai dengan kondisi serta  kebutuhan bayi. Sistem pencernaan bayi yang belum dapat bekerja secara sempurna disempurnakan oleh komposisi ASI yang mempermudah penyerapan sehingga dapat dengan mudah dipergunakan oleh tubuh bayi. Saat lapar bayi akan menyusu lebih lama pada ibunya,dan  kandungan ASI yang diperoleh akan lebih kental dan padat sehingga bayi lebih cepat kenyang. Sedangkan Susu formula tidak mungkin memiliki komposisi yang berubah-ubah.
b.      Air susu ibu (ASI) mengandung enzim lipase yang membantu mencerna lemak (pencernaan bayi belum sempurna untuk mengonsumsi lemak), sedangkan Enzim ini tidak terdapat pada susu formula.
c.       Air susu ibu (ASI) mengandung asam lemak esensial dan termasuk DHA, ini tidak terdapat pada susu formula yang dimana asam lemak esensial dibutuhkan untuk pertumbuhan otak, mata, dan kesehatan pembuluh.
d.      Air susu ibu (ASI) tidak menyebabkan bayi mengalami sembelit seperti yang sering dialami  pada bayi yang mengonsumsi susu formula.
e.       Air susu ibu (ASI) banyak mengandung protein jenis Whey yang mudah dicerna. Jadi, bayi yang mendapatkan  ASI akan lebih cepat merasa lapar ingin disusui. Dengan Sering menyusui berdampat sangat baik dalam peningkatan produksi ASI ibu, terutama di malam hari.
f.       Pada tahun pertama, bayi sangat rentan terhadap penyakit. ASI mengandung sel-sel darah putih dan sejumlah faktor antiinfektif yang melindungi bayi dari infeksi. ASI juga mengandung antibodi terhadap berbagai infeksi yang pernah dialami ibu sebelumnya. Hal Ini tidak terdapat  pada susu formula.
g.      Bayi yang diberi ASI 7 kali lebih jarang terkena radang paru-paru dan 4 kali lebih tidak terkena radang otak atau meningitis dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula.
h.      Anak yang diberi ASI 16 kali lebih jarang dirawat di rumah sakit dibandingkan bayi yang diberi susu formula.
i.        Kandungan DHA dalam ASI sesuai dengan kebutuhan bayi, usus bayi dapat menyerap lebih optimal dan tidak membutuhkan banyak energi untuk mencernanya. Sedangkan Dalam susu formula, kandungan DHA-nya berlebihan sehingga membahayakan metabolisme bayi karena tubuhnya dipaksa untuk mengeluarkan asam lemak esensia.
j.        Zat besi pada ASI dapat dicerna maksimal sampai 50% oleh bayi, sedangkan zat besi pada susu hewan (biasanya susu formula) hanya 10%. Zat besi dibutuhkan agar tidak terserang anemia dan bermanfaat untuk perkembangan otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar